KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
FORMAT PENYUSUNAN
KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Desain dan Produksi Kria Logam
Kode : 4098
Alokasi Waktu : 120 menit
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 45 soal
No | Standar Kompetensi Lulusan | Kemampuan yang Diuji | Materi Pokok | Indikator Soal | Nomor Soal |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | Menggambar Nirmana | Menjelaskan elemen seni rupa (garis, bidang, bentuk, warna dan tekstur) | Unsur seni rupa | Peserta didikdapat mejelaskan elemen seni rupa | 1 |
2 | Menggambar Huruf | Mengidentifikasi jenis huruf | Jenis huruf | Disajikan sebuah contoh huruf/teks peserta didik dapat mengidentifikasi jenis huruf tersebut | 2 |
3 | Menggambar Bentuk | Menjelaskan prinsip menggambar perspektif | Gampar perspektif | Disajikan sebuah gambar perspektif peserta didik dapat menentukan prinsip gambar perspektif yang tepat | 3 |
4 | Menggambar Teknik | Menjelaskan prinsip menggambar proyeksi | Gambar Proyeksi | Disajikan sebuah gambar proyeksi, peserta didik dapat menunjukan prinsip menggambar proyeksi | 4 |
5 | Menggambar Ornamen | Mengidentifikasi berbagai jenis ornamen | Macam jenis, ornamen | Disajikan sebuah teks sederhana tentang ornament peserta didik dapat mengidentifikasi jenis ornamen yang tepat | 5 |
6 | Memotong Bahan | Menjelaskan proses pemotongan logam pelat ukuran 0,1 mm sampai dengan 1,5 mm dengan alat potong manual, semi masinal, dan masinal | Alat potong logam pelat. | Peserta didik dapat menjelaskan proses pemotongan logam pelat ukuran 0,1 mm sampai dengan 1,5 mm Disajikan gambar alat potong pelat | 6 |
Menjelaskan proses pemotongan logam kawat ukuran 0,1 mm sampai dengan 10 mm dengan alat potong manual, semi masinal, dan masinal | Alat potong logam kawat | Pesrta didik dapat menjelaskan proses pemotongan logam kawat ukuran 0,1 mm sampai dengan 10 mm disajikangambar alat potong kawat secara manual. | 7 | ||
7 | Melakukan Pengempaan | Menjelaskan proses pengempaan plat logam dengan keping pencetak stempel | Pengempaan [keping cetak stempel] | Peserta dapat menjelaskan proses pengempaan plat logam dengan keping pencetak stempel. | 8 |
8 | Melakukan Penempaan dan Pembentukan Logam | Menjelaskan proses penempaan logam dengan proses pemanasan untuk logam ferro | Tempa panas. | Peserta didik dapat menjelaskan langkah kerja penempaan logam dengan proses pemanasan | 9 |
Menjelaskan proses pembentukan melalui proses pemanasan dan tempa untuk logam non ferro | Tempa dingin | Peserta didik dapat menjelaskan langkah kerja pembentukan logam melalui proses tempa iingin | 10 | ||
10 | Membuat produk kria logam dengan teknik canai | Mendeskripsikan pencanaian dengan teknik tarik | Pencanaian | Peserta didik dapat mendiskripssikan pencanaian dengan teknik tarik. | 11 |
11 | Mengecor Logam dalam Berbagai Bentuk | Menjelaskan pengecoran logam teknik cetak pasir, tapel dan kokil | Macam pengecoran logam | Peserta didik dapat menjelaskan pengecoran logam ,teknik cetak pasir ,tapel dan kokil | 12 |
Menjelaskan proses pembuatan cetakan pengecoran logam dari pasir, tapel dan kokil | Teknik cor logam | Peserta didik dapat menjelaskan proses pembuatan cetakan pengecoran logam dari pasir ,tapel dan kokil | 13 | ||
12 | Melakukan pematrian logam dengan teknik patri lunak | Menjelaskan proses pembuatan patri lunak | Bahan patri lunak | Peserta didik dapat menjelaskan proses pembuatan patri lunak. | 14 |
Menjelaskan proses pematrian logam dengan teknik patri lunak | Alat patri lunak Langkah kerja, | Pesrta didik dapat mengkatagorikan alat patri lunak. | 15 | ||
Pesrta didik dapat menyebutkan lagkah kerja pematrian lunak | 16 | ||||
13 | Melakukan pematrian logam dengan teknik patri keras | Menjelaskan paduan patri keras | Bahan patri keras | Pesserta didik dapat menjelaskan bahan paduan patri keras.. | 17 |
Menjelaskan proses pembuatan patri keras | Alat patri keras | Peserta didik dapat menentukan alat proses pembuatan patri keras. | 18 | ||
Menjelaskan proses pematrian dengan teknik patri keras | Langkah kerja pematrian | Peserta didik dapat menyebutkan langkah urutan proses pematrian dengan teknik patri keras. | 19 | ||
14 | Melaksanakan pengelasan dengan oxyacetylene pada logam fero dan non fero | Menjelaskan teknik pengelasan oxyacetylene | Las oxyacetylene | Peserta didik dapat menjelaskan teknik pengelasan oxyacetylene | 20 |
Menentukan pengelasan dengan teknik las oxyacetylene pada logam ferro dan non ferro | Alat dan bahan las oxyacetelene | Peserta didik dapat menentukan langkah kerja untuk pengelasan oxyacetylene | 21 | ||
Menjelaskan proses penyempurnaan hasil pengelasan teknik las acetylene | Langkah kerja las oxyacetylene | Peserta didik dapat menjelaskan proses penyempurnaan hasil pengelasan teknik las oxyacytylene | 22 | ||
15 | Mengoperasikan teknik las listrik pada logam fero dan non fero | Menjelaskan teknik las listrik | Las listrik | Pesrta didik dapat menjelaskan pengelasan teknik las listrik | 23 |
Menjelaskan proses pengelasan dengan teknik las listrik pada logam fero dan non fero | Teknik las listrik | Pesrta didik dapat menyebutkan langkah kerja pengelasan teknik las listrik | 24 | ||
16 | Membuat karya kria logam dengan bahan pelat dan kawat | Menjelaskan proses pembuatan karya kria logam bahan pelat dengan teknik tekuk | Teknik tekuk | Peserta didik dapat menjelaskan proses pembuatan karya kriya logam dengan bahan pelat dan kawat | 25 |
17 | Melaksanakan pelipatan bahan logam pelat | Menjelaskan proses pelipatan logam pelat | Teknik lipat | Disajikan sebuah gambar,peserta didik dapat menjelaskan proses pelipatan logam pelat | 26 |
18 | Melaksanakan pengeleman dan pelipatan bahan logam pelat | Menjelaskan pengeleman logam pelat | Pengeliman logam | Peserta didik dapat menjelaskan langkah pengeleman logam pelat. | 27 |
19
| Mengukir Pelat Logam | Menjelaskan teknik ukir pelat logam | Macam ukir logam | Peserta didik dapat menjelaskan teknik ukir pelat. | 28 |
Menjelaskan proses pengukiran pelat logam dengan teknik ukir tekan dan ketok | Ukir ketok . Ukir tekan | Peserta didik dapat mejelaskan proses mengukir dengan teknik ukir ketok | 29 | ||
Peserta didik dapat menjelaskan proses mengukir dengan teknik ukir tekan | 30 | ||||
20 | Melakukan etsa logam dengan teknik etsa sablon | Menjelaskan proses pembuatan larutan etsa logam | Etsa sablon | Peserta didik dapat menjelaskan proses pembuatan larutan etsa | 31 |
Menjelaskan proses pemfilman pada kain screen | Pembuatan film screen | Peserta didik dapat menjelaskan proses pembuatan film pada screen | 32 | ||
Melakukan proses penyablonan pada logam | Alat sablon | Peserta didik dapat menyebutkan langkah kerja menyablon logam | 33 | ||
Menjelaskan proses pengetsaan logam | Langkah kerja etsa | Peserta didik dapat menjelaskan langkah proses etsa logam | 34 | ||
21 | Melakukan penggrafiran logam dengan grafir tangan dan elektrik | Menjelaskan proses penggrafiran logam dengan grafir tangan elektrik | Grafir logam | Peserta didik dapat melakukan penggrafiran logam dengan grafir tangan elektrik | 35 |
22 | Melakukan pembubutan logam | Menjelaskan pembubutan logam | Bubut logam | Peserta didik dapat menjelaskan teknik pembubutan logam | 36 |
Mendeskripsikan kerja pembubutan logam dengan mesin bubut | Alat bubut . Prosedur pembubutan | Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menunjukan langkah kerja pembubutan logam. | 37 | ||
23 | Melakukan Kerja Perhiasan (Jewellery) | Menjelaskan proses pembuatan perhiasan cincin dan gelang dengan bahan logam kuningan, logam tembaga dan logam perak | Cincin dan Gelang | Disajikan sebuah teks peserta didik dapat memilih pembuatan perhiasan cincin dan gelang dengan bahan kunigan.,tembaga dan perak | 38 |
Menjelaskan proses pembuatan perhiasan kalung dan leontin dengan bahan logam kuningan, logam tembaga dan logam perak | Kalung dan Leontin | Siswa dapat menjelaskan pembuatan perhiasan kalung dan leontin dengan bahan logam perak | 39 | ||
Menjelaskan proses pembuatan perhiasan anting dan bross dengan bahan logam kuningan, logam tembaga dan logam perak | Anting dan bros | Disajikan sebuah teks tentang bahan logam murni siswa dapat memilihkan satu bahan pembuatan perhiasan anting dan bross . | 40 | ||
24 | Membuat karya enameling | Mendeskripsikan proses pembakaran email | Enameling | Disajikan sebuah teks tentang peserta didik dapat menerangkan proses pembakaran email | 41 |
25 | Melakukan finishing kria logam | Menjelaskan teknik finishing kria logam | Finishing logam | Peserta didik dapat menjelaskan teknik finishing kria logam | 42 |
Mendeskripsikan proses pemolesan dengan mesin poles | Poles Logam | Disajikan sebuah teks peserta didik dapat mnyatakan pemolesan dengan mesin poles. | 43 | ||
Disajikan sebuah gambar tentang nama bahan peserta didik dapat memilih untuk poles perhiasan perak | 44 | ||||
Mendeskripsikan proses pelapisan dengan elektro plating pada produk logam | Pelapisan logam | Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menunjukan pelapisan dengan electroplating pada logam | 45 |
Penyusun/Instansi:
1..,Ngabdul slamet ,SPd.( SMK N 5 Mataram )
2...Abi Asnawi ,SPd . (SMK N 7 Palembang )
Penelaah/Instansi:
Drs .Roger Pakpahan MSi
Keterangan Pengisian Kolom/format KST
Kolom 1 : Diisi nomor urut
Kolom 2 : Diisi KD dari SK dengan cara memilih KD yang esensial dan frekuensi penggunaannya di dunia kerja/pekerjaan sering atau selalu digunakan.
Kolom 3 : Diisi kemampuan yang diuji yang merupakan bagian yang esensial KD terpilih yang ada di kolom 2.
Kolom 4 : Diisi materi pokok yang dirumuskan dari kemampuan yang diuji secara jelas dan singkat
Kolom 5 : Diisi rumusan indikator soal yang dibuat mengacu pada materi pokok pada kolom 4. Setiap materi pokok dapat dirumuskan satu atau lebih dari satu indikator soal
Kolom 6 : Diisi nomor sebaran soal
What are the best casinos to play in 2021?
BalasHapusWhich febcasino.com casinos casinosites.one offer slots? — Casino Sites. https://septcasino.com/review/merit-casino/ Best casino sites are those that allow players to try a game 바카라 from anywhere. The most common https://octcasino.com/ online slots